Cara merekam di komputer menggunakan effect Line6 POD XT, POD XT LIVE,POD X3 dan POD X3 Live sebagai soundcard.


Hi

Artikel ini saya tulis dengan maksud berbagi pengetahuan dengan gitaris-gitaris yang memiliki produk effect Line6 POD XT, POD XT Live, POD X3 dan POD X3 Live.

Jika anda gitaris, dan anda memiliki salah satu effect yang saya tulis diatas, yang mungkin sering anda gunakan untuk main gitar baik latihan maupun live. Saya ingin memberi tahu anda bahwa anda bisa menggunakan effect diatas untuk rekaman, artinya, buat yang belum tau, ini kabar bagus, karena anda bisa menggunakan effect diatas untuk dijadikan soundcard. Artinya jika anda ingin merekam karya anda, dan anda mempunyai komputer, punya software DAW semacam Nuendo, Cubase, Sonar dll, anda bisa menggunakan effect diatas untuk digunakan sebagai soundcard dengan cara menghubungkannya via USB

Untuk lebih singkatnya caranya begini.

-         Belilah kabel USB yang bisa menghubungkan effect anda ke komputer anda (ini mudah karena kabelnya cuma kabel USB biasa yang banyak dijual di pasaran.

usb cable tutorial gitar rekaman murah

-         Jangan hubungkan effect dengan komputer dulu.

-         Download Line6 Gearbox disini atau Line6 POD Farm disini, di tengah halaman ada dropdown menu bertuliskan "Software", klik gambar panah yang ada di sampingnya lalu pilih Gearbox atau POD Farm, lalu klik "Go". Kalau udah ketemu, langsung aja download. (Disini ada kemungkinan anda akan disuruh mendaftarkan effect anda ke Line6, kalau disuruh mendaftar, langsung aja daftarin effect yang anda punya sekalian bikin account Line6, anda akan mandapatkan beberapa manfaat seperti free update dll, dan update selalu gratis)

download driver tutorial gitar rekaman murah line6

-         Install software yang telah didownload

install driver tutorial gitar rekaman murah line6

-         Saat install, jika anda disuruh memasang kabel USB, pasangkan kabel USBnya, dan teruskan menginstall, jika ada tulisan peringatan dari Windows yang mengatakan sesuatu, klik aja continue anyway

-         Selesai menginstall

-         Lalu hubungkan output dari effect ke power-amp atau speaker aktif yang biasanya anda gunakan

skema koneksi tutorial gitar rekaman murah

-         Nyalakan effect dan komputer, buka software Gearbox/POD Farm, coba bunyikan gitar anda, seharusnya jika anda menginstall dengan benar, saat ini gitar anda seharusnya sudah berbunyi dan bisa disetting di Gearbox/POD Farm.

-         Jika gitar dan software sudah menyala, maka lanjutkan dengan menyeting DAW anda (Nuendo, Cubase, Sonar, Dll)

-         Sebagai contoh, jika anda menggunakan Nuendo 3 seperti saya, cara menyetingnya adalah: klik menu "device" lalu klik di pilihan paling bawah "device setup" seperti gambar dibawah ini.

setting driver tutorial gitar rekaman murah line6

Lalu setelah keluar window menunya, klik pilihan soundcard dibawah tulisan VST Audiobay, klik gambaw panah disamping tulisan Master Audio Driver, di gambar contoh tulisannya ASIO Multimedia Driver, ganti dengan pilihan nama effect anda yang seharusnya sudah muncul disitu, misalnya ASIO POD XT Live.

setting driver 2 tutorial gitar rekaman murah line6

-         Klik "Apply", klik "Close"

-         Jika anda menggunakan Cubase, cara menyetingnya hampir sama, karena sesama produk Steinberg. Kalau anda menggunakan software lain seperti Pro Tools, Logic, Sonar, Ableton Live, Acid dll, silakan dicari sendiri cara settingnya.

-         Pada saat ini, seandainya anda berhasil menginstall dengan benar, seharusnya anda sudah bisa merekam ke software DAW anda melalui soundcard effect anda.

-         Jika ada pertanyaan atau kesulitan, silakan langsung ditanyakan disini. Selamat merekam, semoga bermanfaat.

Comments

  1. sip bg Dd....
    ntar ku coba ya..
    makasih buat informasinya...hehehe

    ReplyDelete
  2. Siap bang, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. Maangstab bangeut infonya, kebeneran lagi nyari artikelnya eh ketemu disini..:D
    oh iya bang, kalo buat instrument lain bisa juga ga colok via POD XT Live?

    ReplyDelete
  4. mas dd, bagaimana kalau saya tidk pnya speaker monitor seperti di gambar?
    saya hanya pnya speaker active (ada sub-woofer nya) gmana cara colok nya ke "Line 6 POD UX 2" mas dd? biar sperti di gmbar...
    thx :)

    ReplyDelete
  5. Oh bisa, biasa aja, kabel yang ke speaker speaker aktif dicolokin ke line out UX 2, by the way kamu pakainya Line6 UX 2 ya? Lebih gampang kalo pake UX 2, tinggal download Gearbox aja

    ReplyDelete
  6. tapi kan mas kabel speaker aktif kecil2 dan cuma satu yg masuk ke subwoofer, jadi kabel L sama R nya udah jadi, gmana dong? umm lineout di UX2 ga ada, adanya Analog Outs, DIgital Out sama Phones... sedangkat Analog Outs di UX2 butuhnya 2 kabel L/R ...

    Kalau masalah instalasi saya sdah bisa mas, yg masih belum masalah speaker dan pernah saya coba pake Headphones yg terjadi pas di cubase (vst) tidak keluar suaranya..

    tapi kalau lewat programnya langsung bkan dari vst plugin bisa keluar. :(

    mohon bantuannya mas thx :)

    ReplyDelete
  7. Saya ga tau speaker aktif kamu kaya apa, biasanya ada kebel L R gitu, pakai kabel L R itu dihub ke analog out UX 2. Trus di Cubase, settingan soundcard harus menggunakan Asio UX2, coba aja cari setingan di Device/VST multitrack atau apa gitu yang bagian soundcard, Kalau untuk UX 2 memang ga bisa dijadiin plugin, harus dari software lgsng direkam, kalau mau dipakai sebagai VST plugin harus register dulu, jadi dicari soundnya di Gearbox terus setelah setingnya di cubase benar langsung deh bisa direkam

    ReplyDelete
  8. coba google mas, "simbadda cst2100n" hehhe itu speaker aktif saya gmana tuh?
    ooo itu saya udah lakuin itu semua, bahkan saya sudah register ke line6.com nya langsung tapi tetep gabisa mas, bagaimana ini?
    saya sudah tanya ke forum line6 tapi jawabannya sudah saya lakuin tetep ajah gabisa, yaitu tentang UX2 tuh saya harus di register :(

    Thanks mas :) btw infonya bagus2 :)

    ReplyDelete
  9. Bentar saya lagi di luar rumah, nanti coba saya googling, by the way pasti bisa soalnya saya juga pake UX 2 dan Gearbox dan Cubase

    ReplyDelete
  10. Bisa, asal pemilihan sound di software Gearboxnya benar, maksud saya, misalnya mau merekam piano keyboard, ya tinggal colokin, pilih settingan no amp, dan jangan dikasih distorsi atau apa yang kurang cocok, karena suara piano ga akan bagus jika pakai distorsi. Intinya bisa asal pemilihan soundnya tepat

    ReplyDelete
  11. cuma download software line 6 nya tanpa beli alat alat nya bisa gak ya? supaya bisa main kayak di guitar rig

    ReplyDelete
  12. Tidak bisa. Semua alat line6 yang berhubungan dengan recording selalu berupa paket hardaware software. Jangankan tidak memakai software, pakai software dan hardware tapi yang bukan pasangannya atau tidak sesuai drivernya aja tidak bisa. Kalau mau yang murah, coba beli Line6 UX1/UX2. Suaranya maknyus hehe

    ReplyDelete
  13. terima kasih atas info ini sebelumnya, saya sangat terbantu sekali dengan adanya share ini,,dan saya maw bertanya satu hal, di gambar diatas yg menghubungan antara FX ke kemputer dan ke speaker, kalau speaker sdh ke sambung ke komputer dan FX hanya conect ke kemputer apakah bisa???

    ReplyDelete
  14. Terimakasih sebelumnya. Tidak bisa. Jika anda ingin menggunakan Line6 sebagai soundcard, maka yang harus anda lakukan adalah menghubungkan Effect ke Komputer lewat kabel USB, kemudian download drivernya di website www.line6.com , lalu hubungkan output dari effect ke power amp atau ke speaker aktif, jika anda menguhubungkannya dari komputer ke speaker, itu sama saja menggunakan souncard internal komputer, bukan soundcardnya Line6. Jadi, hubungkan effect ke komputer via USB, output effect ke speaker/amp. Download drivernya dan anda siap merekam.

    ReplyDelete
  15. tks a lot infonya mas DD, satu pertanyaan lagi..jika saya sdh merecord 1 lagu misalnya kmdn mengconectkan speaker yang sama ke komputer untuk mendengarkan hasilnya, apakah lagu trsbt kualitas soundnya sama persis ketika kita merecord????
    kbtln sy pake speaker flatt active, x3 live dan softwarenya sdh lama terinstall di komputer cmn ga taw dr fungsi software trsbt, saya akan triall dan beratnya lg kl ada yg sy blm mengerti..
    terima kasih infonya, sukses selalu buat mas DD

    ReplyDelete
  16. Kalau sudah di mixdown mungkin suaranya akan sama saja. Kalau masih multitrack ada kemungkinan jadi beda karena perbedaan konverter digital to analog-nya. Kalau pengen bagus, sebaiknya dari awal nyari soundnya udah bagus. Karena di dunia digital recording berlaku input yang bagus hasilnya bagus, input yang jelek hasilnya jelek, GIGO (garbage in garbage out). Jadi dari awal recording kalau bisa udah dicari sound yang bagus/bener. Thanks

    ReplyDelete
  17. Mas dd saya mau tanya mas...
    kenapa ya saya ga bisa update POD Farm jd POD Farm 2 ya mas?
    trus klo di Cubase kok ga bisa POD Farm dijadikan VST?
    boleh minta no HP nya mas?
    biar saya telpon n sheringnya lebih enak!!!
    thanx ya!!!!tolong ya mas

    ReplyDelete
  18. Harusnya sih bisa, uninstall dulu POD Farm yang pertama trus install yang kedua. Soal dipakai sebagai plugins di Cubase, saya belum pernah mencoba POD Farm untuk plugins, yang saya pernah coba memakai Gearbox sebagai plugins, bisa langsung plugin kalau kita memakai hardwarenya Toneport DX, kalau harware lain seperti UX1 atau UX2, harus di activate dulu dan itu berbayar.

    ReplyDelete
  19. mas DD aku udah coba yg aku tanya sblmnya, dan skrng aku dah bisa recording kecil-kecil dng PODku, hehe,,,tks a lot sharingnya..semoga mas DD tambah sukses
    aku mw tanya satu lg nie, gearbox itu fungsingnya apa aj sih? emang sih tanpa kita mengaktifkan gearbox kita tdk bisa recording dng sftwr cubase ato dsb, sebab saya klik salah satu tone, dan saya otak atik sdkt, kok tdk ada perubahan dlm suaranya ya? misal sy kecilin volumen slh satu tone di gearbox,,,tp msh aj tetap tanpa ada perubahan ya? mohon bantu infonya ya mas..tks bfr

    ReplyDelete
  20. Cara pemasangan kabelnya udah betul belum? Dari gitar, line6 trus dari line6 ke speaker/amp. Trus dari line6 ke komputer via usb. By the way kamu pakai line6 nya apa hardwarenya ?

    ReplyDelete
  21. untuk pemasangan kabel sih sprtnya dh benar, giatrku lngsng ke input POD, USB POD ke USB kmptr dan ampli lngsng ke POD. aku recording sdh bisa, kl salah pasang aku ykn tdk bisa record. aku pake X3 live mas, dan tone2 yg aku simpan di POD sdh terlihat di gearbox, namun yg aku ga mengerti, knp stlh aku kulik2 tone di gerabox suaranya msh tetep aj. dan kl aku ingin tonenya berubah aku musti seting di POD. memang begitu ato gmn mas DD? makasi banyak sblmnya

    ReplyDelete
  22. Oh aku pernah ngalamin juga waktu pake POD X3, coba download versi yang support X3, kalau belum bisa, coba tanya aja ke forumnya Line6

    ReplyDelete
  23. mas DD, saya sangat pemula sekali dalam hal ini. Mohon panduannya. Plan saya mau belajar dikit2 recording sederhana sample lagu dgn acoustican. Saya sudah memiliki sound card external line 6 UX2. Saya sudah install, dan saya juga sudah menonaktifkan soundcard internal notebook. Saya sdh mencoba putar mp3 via winamp dan sdh bisa keluar suaranya via sound card external. Tapi kenapa pada saat saya colok mic ke line in mic, tidak bisa keluar suaranya. Apa yang harus saya seeting lagi? Plannya saya nanti recordingnya menggunakan software cubase sx3. Mohon pencerahannya. Tq.

    ReplyDelete
  24. Sudah download gearbox di link yang di tulis diatas dlm artikel ini belum?

    ReplyDelete
  25. Sudah, barusan saya download Version 4.2.4.9. Langkah selanjutnya? Trims.

    ReplyDelete
  26. Maaf mas, maksudnya sudah saya download gear box versi 3.72. Kalau Line6 POD Farm nya juga perlu di download?
    Langkah selanjutnya, minta pencerahan kembali. Tq.

    ReplyDelete
  27. Silakan liat2 di link www.line6.com, liat2 diforum situ, coba2 dulu atau search om google aja

    ReplyDelete
  28. Halo mas dd, ini thread kayaknya udah lama banget ya...tp mudah2an pertanyaan saya masih di repply
    Kemaren di Japex 2011 saya dapet oleh2 toneport UX2. Dalam paket bundle didalemnya ada beberapa keping CD. Reason adapter, lite live 7, POD farm. Pertanyaan saya:
    1. Apa fungsi dari masing2 software tersebut?
    2. Dari ke3 software tersebut baru reason adapter yg sukses terinstall, saya mau minta tolong untuk step instalasi POD farm2 gimana yak mas? Trus yg live 7 masih kendala di registernya, saya masukin SN yg ada di cover cd tapi invalid terus.

    Mohon pencerahannya mas dd

    Full thanks

    ReplyDelete
  29. Reason dan ableton live buat bikin musik. Pod farm adalah software virtual amp dan preamp buat toneport. Di dalamnya juga ada driver2 buat toneport. Cara menginstall yang paling gampang sebaiknya dalam posisi online terkonek ke internet.

    ReplyDelete
  30. Oke mas. Nanti saya coba.sampe skrg blm terinstall cos pc di rumah ga konek ke internet. Btw, skrg untuk virtual amp nya aku masih pake GR4 + untuk recordnya pake adobe audition. Ini juga masih coba2. Ketika saya masukin track gitar dg distorsi kok pas di playback distorsinya nggak keluar ya?

    ReplyDelete
  31. Saya udah mencoba berulang-ulang, tapi tidak bisa juga,
    Apa mungkin settingan di effectnya?
    Atau salah mendownload versi-versinya?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  32. Hallo mas DD. Salam Kenal. Saya pakai POD XT Live. Kebetulan punya keyboard midi controller. Tapi pas saya colok ke POD, sinyal midi saya gak keluar ke computer. Saya pakai Nuendo 3. Mohon bantuannya ya mas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  33. Maaf saya belum begitu ngerti, kalau saya soalnya dari Keyboard controller MIDInya langsung masuk ke komputer via USB, nah kalau MIDI yang di POD saya belum pernah coba, kemungkinan itu buat extension pedal controller, belum tau apakah bisa menginput MIDI keyboard lewat MIDInya pod, kalo ga coba dicari di MIDI input di softwarenya siapa tahu bisa disetting di situ. Mungkin untuk lebih komplitny buka www.line6.com aja trus cari di forumnya yang ngebahas itu. Thanks

    ReplyDelete
  34. Mas dd saya baru beli line6 ux2, terus suda menginstal pod farmnya dengan versi 2,51, untuk headphonenya bisa keluar suaranya, hanya saja utk mic tidak bisa keluar suaranya (saya pakai mic samson co3 dan windows saya windows 7), biasanya utk recording saya pakai acid music sony. tolongin dunks mas gimana caranya biar bisa di record suaranya dgn mic

    ReplyDelete
  35. Kebetulan saya pakainya software Gearbox, belum pernah nyoba ngrekam mic pake pod farm, jadi biar gampang, download aja Gearbox versi terakhir di www.line6.com, nanti di softwarenya ada setting inputnya mau pake mic or instrument.

    ReplyDelete
  36. Mas kalo saya pengen ngedownload sound2 baru bwt pod x3 live bisa ga,,trus gimana caranya,,tolong penjelasan nya ya coz banyak org bisa ngedownload sound baru bwt pod x3 live

    ReplyDelete
  37. kalo ngaktivin DRUM ADDICTIVE di CUBASE 5 gimana cara.a ,kan udah saya install tuhh terus gimana ka ??? :)

    ReplyDelete
  38. Kalau addictive drumnya asli, bisa ditanyakan ke tempat belinya.

    ReplyDelete
  39. omm... saya benar2 pemula bgt.. baru beli line6 tone port DI - S
    tolong pencerahannya buat instalasi ke laptop spec core i3 trus line 6 nya mau di jadiin menjadi soundcard buat recording

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips berlatih gitar yang efektif.

Tips Memilih dan Membeli Gitar