Diskografi Dd Crow


Ini saya sedang berusaha mengingat-ingat dan mengumpulkan diskografi saya, album album yang saya pernah rekam atau terlibat didalam pembuatannya. Tidak semua album saya tulis disini, hanya yang menurut saya crucial saja.

anggun c sasmi dd crow diskografi
Anggun C Sasmi - Anak Putih Abu-Abu

Sekitar tahun 95 atau 96an saya diajak oleh teman saya pencipta lagu Pamungkas NM untuk membantu mengisi gitar di album Anggun C Sasmi ini, bersama Teddy Sujaya dan beberapa gitaris lain seperti Eet Sjahranie, Gideon Tengker, Mpay, dll. Inilah pertama kalinya saya rekaman 'beneran'. Studionya di Musica Studio. Walaupun peran saya tidak terlalu besar di album ini. Tapi ini benar-benar merupakan pengalaman pertama saya rekaman dan bertemu dengan banyak musisi besar Jakarta.

bunga dd crow diskografi
Bunga - Untukmu Galang

Yang kedua adalah saya rekaman sebagai additional gitaris di band Bunga untuk mengisi lead guitar beberapa lagu di album 'Untukmu Galang' di tahun 1998. Saat itu almarhum Galang Rambu Anarki masih hidup. Kebetulan band Bunga berada di dalam naungan satu label dan satu produser yang sama dengan band saya Panhead yang saat itu sedang dalam proses rekaman juga. Bunga dirilis duluan kemudian menyusul Panhead dirilis di tahun yang sama.

panhead dd crow diskografi
Panhead - Khayalan Sepi

Panhead merupakan band rekaman saya yang pertama di tahun 98-99, band paling idealis dan paling gila yang pernah saya bikin. Baranggotakan saya di gitar, Mickey Nasution di vokal, Dono pada bass dan Ketter pada drum, beraliran musik funky metal rap yang diramu secara bebas idealis, kebetulan saat itu produser kita mas Ali Akbar mendukung kita untuk mewujudkan ide ide gila kita. Dengan dibantu sound engineer legendaris mas Harry Widodo, akhirnya lahirlah album ini, berisi 14 lagu idealis, didalamnya ada 1 lagu berjudul Jamhead yang berdurasi hampir 15 menit dan ada juga satu lagu berbahasa planet yang kita  beri judul Kurmandhani Simanalahur.

gitar klinik dd crow diskografi
Gitar Klinik

Tahun 1999. Musica bekerjasama dengan Rotorcorp berencana untuk merilis album kompilasi gitaris Indonesia. Saat itu saya sudah biasa merekam demo menggunakan perekam 4 track punya teman. Dan waktu saya mengajukan salah satu demo saya untuk diikutkan kedalam kompilasi tersebut. Dan ternyata pihak produser rekamannya suka dengan demo yang saya ajukan. Dari kompilasi itulah akhirnya dirilis lagu 'Harap Maklum dik, Dadamu Indah', solo gitar rock n roll pertama yang saya ciptakan.

roxx bergema lagi dd crow diskografi
Roxx - Bergema Lagi

Saya lupa tahunnya kalau ga salah sekitar 99 atau 2000an, ada acara Gitar Klinik live di Jimbani Cafe. Kemudian pas ceksound anak anak Roxx datang dan menawari saya untuk main di Roxx. Awalnya hanya untuk membantu mereka main di beberapa event metallica-an. Akhirnya berlanjut ikutan rekaman di album Roxx Bergema Lagi sebagai additional gitaris.

powerslaves dd crow diskografi
Powerslaves - Ga Bakal Mati
Saya juga agak lupa di tahun berapa saya sempat bergabung dengan Powerslaves, kalau ga salah sekitar tahun 2003 atau 2004. Waktu itu sebelumnya saya sudah bergabung sebagai additional player. Nah kondisi Powerslaves saat itu sedang kurang baik. banyak playernya yang keluar, bahkan vokalis juga keluar, akhirnya kita pikir pikir  sayang sekali kalau band seperti Powerslaves hanya bubar begitu saja. Akhirnya dibentuk Powerslaves formasi baru yaitu Anwar Fatahillah sebagai bassis dan pemain lama, dibantu oleh Dd Crow dan Nico Nigger pada gitar, Agung Yudha pada drum, dan Njet Flower pada vokal dan akhirnya lahirlah Powerslaves album Ga Bakal Mati ini.

gitar klinik 2 dd crow diskografi
Gitar Klinik 2

Ini kedua kalinya saya ikut kompilasi Gitar Klinik, saya ga nyangka juga, waktu itu ada lagu berjudul The Aladid Factor yang rencananya sebenarnya mau buat duo album antara Dd Crow dan Andry Frenzy, tapi waktu diperdengarkan ke Krisna Sadrach selaku produser, dia malah menawari untuk dimasukkan ke dalam album kompilasi Gitar Klinik 2, dan akhirnya untuk kedua kalinya saya dan Andry Frenzy ikut dalam album kompilasi gitar tersebut.

the happiness project dd crow diskografi
Dd Crow - The Happiness Project

Era setelah Powerslaves bamyak terjadi kevakuman, dan di masa itu dan sebelum sebelumnya, saya sudah banyak merekam karya solo gitar untuk saya dengar sendiri, akhirnya atas saran dan bantuan dari teman teman, kumpulan karya-karya tersebut saya rilis secara indie menjadi sebuah album solo gitar Dd Crow 'The Happiness Project' di tahun 2008.

rubik dd crow diskografi
Rubik - A Beautiful Story

Sekitar tahun 2009 atau 2010 saya dan Austin Utammy yang waktu itu masih pacar saya merilis secara indie album duo Rubik. Ini adalah duo pop unik yang kebanyakan lagunya ditulis oleh Austin Utammy dan diaransemen oleh Dd Crow. Nama Rubik diambil karena kita berdua sama sama pemain rubik nasional dan rubik dianggap mewakili warna musik dari duo ini yang unik dan berwarna warni.

roxx jauh dari tuhan dd crow diskografi
Roxx - Jauh Dari Tuhan

Tahun 2012. Roxx merilis album Jauh dari Tuhan. proses penciptaan dan perekaman album ini cukup lama. Dan banyak hal yang terjadi mengganggu proses penciptaan album ini hingga proses album ini dari awal dibuat hingga dirilis memakan wakti yang cukup lama.









Dd Crow and The Circus 



Ini adalah proyek musik terbaru saya, dimana saya bersama teman-teman lama saya membentuk sebuah band projekan baru beraliran musik Rock N Roll Baik Hati. Bukannya bermaksud aneh aneh, tapi ini adalah proyek iseng karena adanya rasa kebosanan bersama dengan band band yang sekarang ada



Videoklip nya bisa dilihat disini 





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara merekam di komputer menggunakan effect Line6 POD XT, POD XT LIVE,POD X3 dan POD X3 Live sebagai soundcard.

Tips berlatih gitar yang efektif.

Tips Memilih dan Membeli Gitar