Bagaimana cara mendapatkan ide ide untuk menulis sebuah lagu

Sebagai musisi, sangat penting untuk bisa membuat lagu, karena musisi bukan hanya dinilai dari skill bermain musiknya saja, namun yang lebih penting adalah karya apa yang dia buat, karena karya itulah yang akan dinilai orang, dan karya yang bagus akan selalu didengar orang, dan akan mengabadikan nama pencipta karya tersebut. 

Kebanyakan musisi bisa menulis lagu, dan rata-rata tahu teknis pembuatan lagu, namun biasanya hal yang tersulit adalah menemukan idenya, apa yang mau dibuat, tema apa yang mau diceritakan, bagaimana musiknya dll, dll. Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan ide-ide untuk dibuat menjadi sebuah lagu.
  1. Menemukan inspirasi dari kehidupan sehari-hari: Coba perhatikan lingkungan sekitar, pengalaman hidup, dan perasaan yang dirasakan. Ide-ide dapat muncul dari momen-momen kecil dalam kehidupan sehari-hari, misalnya percintaan, kekecewaan, kegembiraan, dan perjuangan hidup. Kadang dari hal-hal yang kita hadapi tiap hari kita bisa menemukan ide untuk sebuah lagu. 

  2. Menulis kata-kata: Cobalah menulis beberapa kata atau frasa yang terkait dengan tema atau ide lagu yang ingin dibuat. Dari sini, bisa mulai mengembangkan konsep lagu berdasarkan kata-kata atau frasa yang telah ditulis. Saya sering melakukannya dengan cara mencari kata yang kira kira cocok untuk dijadikan hook atau reff di bagian lagu itu, dan dari situ baru saya cari bagian-bagian lainnya. 

  3. Mendengarkan musik: Mendengarkan musik dapat memancing ide dan memberikan inspirasi dalam menciptakan lagu. Coba dengarkan beberapa lagu dari genre yang berbeda untuk mencari inspirasi dan menemukan ide-ide baru.

  4. Mencoba kolaborasi: Bekerja sama dengan orang lain, misalnya dengan seorang penulis lirik atau musisi, bisa membuat kita menemukan sudut pandang baru dan memberikan ide-ide baru dan membantu dalam menemukan arah untuk lagu yang sedang dibuat.

  5. Menggunakan teknologi: Beberapa aplikasi musik dan software, seperti garageband dan FL Studio, Cubase, Ableton Live, Protools dll bisa membantu dalam menciptakan ide-ide dan mengembangkan konsep lagu. Dengan cara membuat beat atau chord sederhana dulu disitu dan mengembangkan idenya dari situ. 

Setelah memiliki beberapa ide, cobalah memilih ide yang paling kuat dan mulai mengembangkan lirik dan melodi yang sesuai dengan ide tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Cara merekam di komputer menggunakan effect Line6 POD XT, POD XT LIVE,POD X3 dan POD X3 Live sebagai soundcard.

Tips berlatih gitar yang efektif.

Tips Memilih dan Membeli Gitar